Biografi Guru

 

NAMA               : MARNI, S.Pd

GURU MAPEL : MATEMATIKA

KELAS               : VIII

Kegiatan 2.3 Posisi Garis Terhadap Sumbu X dan Sumbu Y

Matematika materi minggu ke 7 kelas 8 kegiatan 2.3

Dalam bidang kartesius ditinjau dari sumbu X dan sumbu Y posisi garis ada beberapa macam:

Sejajar sumbu X

Sejajar sumbu Y

Memotong sumbu X dan Y

Untuk lebih memahami posisi garis terhadap sumbu X dan Yperhatikan contoh berikut;

 

1. Garis sejajar sumbu X atau tegak lurus sumbu Y

Garis l adalah garis horizontal yang sejajar dengan sumbu x. Perhatikan titik titik yang ada di garis l, baik l1, l2, l3, maupun l4.

Titik-titik yang dilalui garis l1 antara lain (-10,5), (-9,5), (-8,5), (-7,5), (-6,5), …..

Titik-titik yang dilalui garis l2 antara lain (-10,3), (-9,3), (-8,3), (-7,3), (-6,3), …..

Titik-titik yang dilalui garis l3 antara lain (-10,-4), (-9,-4), (-8,-4), (-7,-4), (-6,-4), …..

Titik-titik yang dilalui garis l 4 antara lain (-10,-7), (-9,-7), (-8,-7), (-7,-7), (-6,-7), …..

 

2. Garis sejajar dengan sumbu Y atau tegak lurus sumbu X

Garis m merupakan garis vertikal yang sejajar dengan sumbu Y. Garis ini memotong sumbu X secara tegak lurus. Perhatikan setiap titik yang dilalui oleh garis m1, m2, m3, maupun m4 mempunyai nilai x yang konstan berapapun nilai y nya

Titik-titik yang dilalui oleh garis m1: (-5,10), (-5,9), (-5,8), (-5,7),….

Titik-titik yang dilalui oleh garis m2: (-2,10), (-2,9), (-2,8), (-2,7),….

Titik-titik yang dilalui oleh garis m3: (2,10), (2,9), (2,8), (2,7),….

Titik-titik yang dilalui oleh garis m4: (7,10), (7,9), (7,8), (7,7),….

 

3. Garis yang memotong sumbu X dan Y

Garis n dan n2 adalah garis yang tidak sejajar dengan sumbu x maupun sumbu y. Garis n memotong sumbu X dan sumbu Y

 

Contoh

Diketahui titik A(3, 2), B(3, -6), dan C(-5, 2).

a. Jika dibuat garis melalui titik A dan titik B, bagaimana kedudukan garis tersebut terhadap sumbu X dan sumbu Y.

b. Jika dibuat garis melalui titik A dan titik C, bagaimana kedudukan garis tersebut terhadap sumbu X dan sumbu Y.

c. Jika dibuat garis melalui titik B dan titik C, bagaimana kedudukan garis tersebut terhadap sumbu X dan sumbu Y.

Alternatif penyelesaian

Untuk menyelesaikan pertanyaan tersebut, lakukan prosedur berikut.

Langkah 1

Gambarlah bidang koordinat Kartesius yang memuat 4 kuadran

Langkah 2

Gambarlah titik A(3, 2), B(3, -6), dan C(-5, 2) pada koordinat Kartesius.

Langkah 3

Buatlah garis melalui titik A dan B, melalui titik A dan C, dan melalui titik B dan C seperti gambarberikut.

Langkah 4

a. Garis yang melalui titik A dan B tegak lurus pada sumbu X dan sejajar sumbu Y

b. Garis yang melalui titik A dan C tegak lurus pada sumbu Y dan sejajar sumbu X

c. Garis yang melalui titik B dan C tidak sejajar sumbu Y dan tidak tegak lurus pada sumbu X dan sumbu Y atau memotong sumbu X dan sumbu Y.

BAB 1 POLA BILANGAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : MARNI, S.Pd NIP : - GURU MAPEL : MATEMATIKA KELAS : 8 BCDE      BAB 1 POLA BILANGANKegiatan 1.1 Menentukan Persamaan Dari Suatu Barisan Bilangan Barisan bilangan adalah susunan bilangan yang memiliki pola atau...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : BILMU PENGETAHUAN SOSIAL C. Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial  Konflik dalam Kehidupan Sosial a. Pengertian konflik menurut ahli: Menurut Robert M.Z. Lawang, konflik adalah perjuangan...

BABII PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : IPS 5. Peran dan Fungsi Keragaman Budaya Indonesia memiliki lebih dari 100 tarian daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Kekayaan tersebut menggambarkan keberagaman budaya Indonesia.  Tarian...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  3. Perbedaan Suku Bangsa Bangsa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 2. PERBEDAAN BUDAYA Kalian hampir setiap hari mendengar istilah budaya atau kebudayaan. Apakah yang dimaksud dengan budaya dan kebudayaan? Koentjaraningrat (1996)...