Biografi Guru

 

NAMA               : MARNI, S.Pd

GURU MAPEL : MATEMATIKA

KELAS               : VIII

Kegiatan 2.2 Posisi Titik Terhadap Titik Asal (0, 0) dan Titik Tertentu (a, b)

Materi Minggu ke 6 kelas 8 kegiatan 2.2

Posisi titik (x, y) terhadap titik pusat O (0, 0) dapat ditentukan berdasarkan nilai absis x dan nilai koordinat y. Sementara posisi titik (x, y) terhadap titik tertentu (a, b) dapat ditentukan berdasarkan banyak langkah dari absis titik “x” ke absis titik acuan “a” dan banyak langkah dari koordinat titik “y” ke koordinat titik acuan “b”.

Perhatikan denah perkemahan di bawah ini.

Berdasarkan denah perkemahan diatas, tentukan :

1. Posisi beberapa objek terhadap pos utama

2. Posisi beberapa objek terhadap tanah lapang

3. Posisi beberapa objek terhadap kolam

Alternatif penyelesaian

1. Untuk menentukan posisi perumahan dan pemakaman terhadap pos utama, maka langkah – langkahnya adalah sebagai beriikut :

  1. Tentukan terlebih dahulu posisi Pos Utama pada bidang koordinat. Posisi Pos Utama dalam bidang koordinat adalah pada titik O (0,0).
  2. Gunakan Pos Utama sebagai titik acuan untuk menentukan posisi perumahan dan pemakaman.
  3. Tentukan koordinat x dan y dari posisi perumahan dan pemakaman terhadap titik O (0,0).

Maka posisi perumahan terhadap Pos Utama adalah di titik (6,5) yang artinya 6 satuan ke kanan dan 5 satuan ke atas. Sedangkan posisi pemakaman terhadap Pos Utama adalah di titik (-3, -3) yang artinya 3 satuan ke kiri dan 3 satuan ke bawah.

2. Untuk menentukan posisi perumahan dan pemakaman terhadap Tanah Lapang, maka langkah – langkahnya adalah sebagai beriikut :

  1. Tentukan terlebih dahulu posisi Tanah Lapang pada bidang koordinat. Posisi Tanah Lapang dalam bidang koordinat adalah (-4, 3) .
  2. Gunakan titik (-4, 3) sebagai titik acuan dalam menentukan posisi perumahan dan pemakaman. Anggap saja titik (-4, 3) sebagai titik O (0,0).
  3. Tentukan koordinat x dan koordinat y dari perumahan dan pemakaman terhadap titik (-4, 3) .

Maka posisi perumahan terhadap Tanah Lapang adalah di titik (10,2) yang artinya 10 satuan ke kanan dan 2 satuan ke kiri. Sedangkan posisi pemakaman terhadap Tanah Lapang adalah di titik (1, -6) yang artinya 1 satuan ke kanan dan 6 satuan ke bawah.

3. Untuk menentukan posisi perumahan dan pemakaman terhadap Kolam, maka langkah – langkahnya adalah sebagai beriikut :

  1. Tentukan terlebih dahulu posisi Kolam pada bidang koordinat. Posisi Kolam dalam bidang koordinat adalah (-3, -3) .
  2. Gunakan titik (-3, -3) sebagai titik acuan dalam menentukan posisi perumahan dan pemakaman. Anggap saja titik (-3, -3) sebagai titik O (0,0).
  3. Tentukan koordinat x dan koordinat y dari perumahan dan pemakaman terhadap titik (-3, -3) .

Maka posisi perumahan terhadap Kolam adalah di titik (9, 8) yang artinya 9 satuan ke kanan dan 8 satuan ke atas. Sedangkan posisi pemakaman terhadap kolam adalah di titik (-2, 1) yang artinya 2 satuan ke kiri dan 1 satuan ke bawah.

Untuk mempermudah menentukan posisi objek berikutnya dapat dituliskan seperti tabel berikut.

Setelah mengamati denah perkemahan tersebut, coba lengkapi tabel berikut ini.

BAB 1 POLA BILANGAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : MARNI, S.Pd NIP : - GURU MAPEL : MATEMATIKA KELAS : 8 BCDE      BAB 1 POLA BILANGANKegiatan 1.1 Menentukan Persamaan Dari Suatu Barisan Bilangan Barisan bilangan adalah susunan bilangan yang memiliki pola atau...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : BILMU PENGETAHUAN SOSIAL C. Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial  Konflik dalam Kehidupan Sosial a. Pengertian konflik menurut ahli: Menurut Robert M.Z. Lawang, konflik adalah perjuangan...

BABII PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : IPS 5. Peran dan Fungsi Keragaman Budaya Indonesia memiliki lebih dari 100 tarian daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Kekayaan tersebut menggambarkan keberagaman budaya Indonesia.  Tarian...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  3. Perbedaan Suku Bangsa Bangsa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 2. PERBEDAAN BUDAYA Kalian hampir setiap hari mendengar istilah budaya atau kebudayaan. Apakah yang dimaksud dengan budaya dan kebudayaan? Koentjaraningrat (1996)...