Biografi Guru

 

NAMA : NI LUH SURIYANI, S.Pd

NIP : 197011031998022004

GURU MAPEL : Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar

3.1 Mengidentifikasi informasi dari laporan percobaan yang dibaca dan didengar (percobaan sederhana untuk mendeteksi zat berbahaya pada makanan, adanya vitamin pada makanan, dll).

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini siswa dapat:

  1. Memahami pengertian teks laporan percobaan.
  2. Memahami ciri teks laporan percobaan.
  3. Mengidentifikasi informasi teks laporan percobaan

 

Pengertian Teks Laporan Percobaan

Teks laporan percobaan adalah teks yang berisi paparan tentang tujuan, proses, dan hasil percobaan. Teks laporan percobaan merupakan teks yang menceritakan tentang percobaan yang dilakukan oleh peneliti. Teks laporan percobaan umumnya digunakan untuk melaporkan hasil percobaan, karya ilmiah, atau laporan praktikum.

 

Tujuan teks laporan hasil percobaan adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hasil percobaan yang telah dibuat. Teks laporan hasil percobaan bersifat umum atau universal.

 

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil Percobaan

  • Melaporkan hasil percobaan.
  • Percobaan ilmiah dilakukan guna menguji sesuatu.
  • Teks laporan percobaan diawali dengan memaparkan tujuan percobaan.
  • Memaparkan bahan dan alat yang diperlukan untuk melasanakan percobaan.
  • Memaparkan prosedur melaksanakan percobaan dan melakukan pengamatan.
  • Memaparkan pencatatan hasil percobaan.
  • Diakhir laporan diaparkan simpulan hasil percobaan berdasarkan hasil analisis terhadap data hasil pengamatan.

Mengidentifikasi, adalah kegiatan mencari, menemukan, mengumpulkan identitas. Mengidentifikasi Informasi Laporan Percobaan berarti mencari identitas tentang teks laporan percobaan tersebut.

 

Perhatikan 3 buah teks berikut!

Teks 1

 

Sepedaku termasuk sepeda onthel jengki yang tidak memiliki batangan, besi berbentuk pipa yang menghubungkan setang dengan tempat duduk. Tempat duduknya terbuat dari kulit. Warnanya hitam, tetapi sudah memudar. ban depan sepedaku memiliki garis putih yang jarang ditemukan untuk ban. sepeda ukuran ban sekitar 18 inchi . rem tangan depan dan belakang terbuat dari besi bukan kabel . bel sepeda khas berbunyi kring kring terletak di stang kanan. Sepeda ini dipakai ke sekolah. Teman-temanku berkelakar bahwa aku seperti naik onta, badanku kecil tidak cocok dengan sepeda yang besar. Saat mengayuh maka suku yang pendek tidak sepenuhnya dapat mengikuti kayuhan. Kakiku menggantung di atas pedal bagian bawah.


Teks 2

“Fix gear” adalah gir (gigi) kaku yang menggerakkan sebuah sepeda ataupun kendaraan lain dan merupakan bagian yang disebut drivetrain. Drivetrain merupakan gabungan berbagai komponen yang saling terhubung dan merupakan sistem pada sepeda yang terdiri atas pedal, lengan engkol (crankarm), gir depan (chainring), gir belakang (cog) dan tentunya rantai. Gabungan komponen di bagian pedal, yaitu pedal, lengan engkol, dan gear depan. Rantai akan melingkari gir depan dan mengikatnya dengan gir belakang yang terhubung dengan roda belakang. ketika pedal diinjak lengan engkol akan mengikutinya, memutar gir depan yang tertempel. kemudian, menarik rantai yang juga otomatis mengajak gir belakang untuk berputar. Karena gir menempel pada roda belakang, berputar lah roda itu dan meluncur.

 

Teks 3

Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya. Salah satu jenis sepeda yang banyak digunakan hingga tahun 1970-an adalah jenis onthel. Sepeda onthel memiliki ciri posisi duduk tegak, reputasi sangat kuat, dan bermutu tinggi. Rumah rantai tertutup. Dengan gigi yang tidak bisa diubah dan biasanya terdapat dinamo di bagian roda depan untuk menyalakan lampu. Sepeda onthel juga dilengkapi  rem drum untuk pengereman. Berbagai merk sepeda onthel dari berbagai negara beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium misalnya merk Fongers,Gazell,e dan Sunbeam kemudian pada segmen di bawahnya diisi oleh beberapa merek terkenal seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Philips, dan NSU.

Sumber: Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Revisi 2018.hal 10-13

 

 

Setelah membaca ketiga teks di atas seharusnya kita sudah bisa menentukan jenis dari masing-masing teks. 

 

 

Teks pertama merupakan jenis teks deskripsi. Kenapa deskripsi?

Mari kita bedah

Teks deskripsi berisi penggambaran suatu objek secara khusus, digambarkan bagian per bagian objek sehingga pembaca atau pendengar seolah-olah melihat dan dapat merasakan apa yang dirasakan oleh penulis. 

 

Teks pertama penulis berusaha menggambarkan suatu objek yang khusus yaitu sepeda miliknya. agar pembaca seolah-olah bisa merasakan bagaimana rasanya mengendarai sepeda onthel miliknya.

 

 

Bagaimana dengan teks yang kedua? 

 

Teks yang kedua tergolong dalam genre teks eksplanasi. Apa alasannya?

Teks eksplanasi adalah teks yang menjelaskan suatu fenomena hubungan sebab akibat suatu peristiwa. Dijelaskan proses sebuah fenomena terjadi.

 

 

Teks kedua menjelasakan sebuah fenomena sebab akibat tentang bagaimana sepeda bisa berjalan. Dijelaskan hubungan antar komponen-komponen sepeda yang saling berhungan sehingga sepeda bisa meluncur.

 

Nah! Teks yang ketiga tentunya sudah bisa disimpulkan tergolong jenis teks apakah itu?

 

Tentu saja tergolong teks laporan yang sudah dijelaskan di awal tadi.

 

Dibawah ini merupakan salah satu contoh teks laporan percobaan.

Membuat Slime Tanpa Boraks

Tujuan :

Tujuan dari pembuatan slime tanpa boraks ini adalah agar menjadi lebih kreatif dan mampu berinovasi dalam berkreativitas. Cara membuat slime ini cukup mudah sekali serta tidak memakan banyak biaya.

Alat dan Bahan :

  • Lem povinal secukupnya.
  • Deterjen bubuk secukupnya.
  • Deterjen cair secukupnya.
  • Pembersih lantai secukupnya.
  • Air secukupnya.
  • Alat pengaduk (mixer, sendok, atau tangan).
  • Wadah tempat slime (baskom atau yang lainnya).

Langkah-Langkah :

  • Mula-mula, campurkan terlebih dahulu lem povinal, pembersih lantai, deterjen cair, deterjen bubuk, dan air secukupnya saja ke dalam wadah slime. Campuran ini disebut dengan activator.
  • Aduklah campuran tersebut sampai merata.
  • Kemudian tambahkan lem povinal kedalam campuran activator.
  • Aduk lagi hingga struktur atau bentuknya menggumpal.
  • Masukkan ke dalam freezer selama lima sampai sepuluh menit.
  • Setelah itu, keluarkan adonan tersebut dari freezer.
  • Aduk lagi sampai bisa dimainkan.
  • Slime tanpa boraks pun sudah dapat dimainkan.

Hasil :

Setelah melakukan percobaan ini, kita dapat mempunyai slime yang aman digunakan tanpa menggunakan boraks. Saat ini, slime tanpa boraks sangat populer dikalangan anak-anak dan remaja.

Kesimpulan :

Dengan membuat sendiri slime tanpa boraks, kreativitas serta pengetahuan kita menjadi bertambah. Selain itu, slime tanpa boraks ini biayanya cukup murah dan terjangkau. Slime ini juga aman apabila terkena kulit sebab tidak mengandung boraks.

Tugas

 Setelah membaca materi di atas, kerjakan soal berikut!

  1. Tuliskan pengertian teks laporan percobaan!
  2. Tuliskan ciri teks laporan percobaan!
  3. Identifikasilah informasi yang terdapat dalam teks laporan percobaan di atas!

 

BAB 1 POLA BILANGAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : MARNI, S.Pd NIP : - GURU MAPEL : MATEMATIKA KELAS : 8 BCDE      BAB 1 POLA BILANGANKegiatan 1.1 Menentukan Persamaan Dari Suatu Barisan Bilangan Barisan bilangan adalah susunan bilangan yang memiliki pola atau...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : BILMU PENGETAHUAN SOSIAL C. Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial  Konflik dalam Kehidupan Sosial a. Pengertian konflik menurut ahli: Menurut Robert M.Z. Lawang, konflik adalah perjuangan...

BABII PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : IPS 5. Peran dan Fungsi Keragaman Budaya Indonesia memiliki lebih dari 100 tarian daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Kekayaan tersebut menggambarkan keberagaman budaya Indonesia.  Tarian...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  3. Perbedaan Suku Bangsa Bangsa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

facebooktwitterBiografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL 2. PERBEDAAN BUDAYA Kalian hampir setiap hari mendengar istilah budaya atau kebudayaan. Apakah yang dimaksud dengan budaya dan kebudayaan? Koentjaraningrat (1996)...