Biografi Guru

 

NAMA : MARNI, S.Pd

NIP : –

GURU MAPEL : MATEMATIKA

BAB 1  POLA BILANGAN

Kegiatan 1.1 Menentukan Persamaan Dari Suatu Barisan Bilangan

Barisan bilangan adalah susunan bilangan yang memiliki pola atau aturan tertentu. Untuk menentukan persamaan barisan bilangan, misalnya pola bilangan genap yaitu pola yang terbentuk dari bilangan-bilangan genap atau pola bilangan ganjil maka pola yang terbentuk darii bilangan-bilangan ganjil.

Contoh :  1.   Pola bilangan genap  : 2, 4, 6, 8, 10, 12, ….

                  2.  Pola bilangan ganjil : 1, 3,  5, 7, 9, 11, ….

 

Contoh Soal

1. Temukan tiga bilangan genap berurutan yang jumlahnya 60.

Penyelesaian

(Ingat pola bilangan genap : 2, 4, 6, 8, … dan memiliki selilsih 2)

Misalkan :   Bilangan genap pertama   = a

Bilangan genap kedua   = a + 2

Bilangan genap ketiga  = a + 4

Bilangan genap + bilangan genap kedua + bilangan genap ketiga = 60

Maka :  a  +   a + 2  +   a + 4  = 60

3a + 6  = 60

3a  = 60 – 6

3a  = 54

a  = 54 : 3

a  = 18

Jadi diperoleh, bilangan genap pertama   =  a  =  18

bilangan genap kedua    = a + 2 = 18 + 2 = 20

bilangan genap ketiga    = a + 4 = 18 + 4 = 22

 

2.     Temukan tiga bilangan ganjil berurutan yang jumlahnya 33.

  Penyelesaian

  (Ingat pola bilangan genap : 1, 3, 5, 7, … dan memiliki selilsih 2)

  Misalkan :    Bilangan genap pertama   = a

  Bilangan genap kedua   = a + 2

  Bilangan genap ketiga  = a + 4

  Bilangan genap + bilangan genap kedua + bilangan genap ketiga = 33

  Maka :  a  +   a + 2  +   a + 4  = 33

  3a + 6  = 33

         3a  = 33 – 6

         3a  = 27

           a  = 27 : 3

           a  = 9

  Jadi diperoleh, bilangan genap pertama   =  a  =  9

                bilangan genap kedua    = a + 2 = 9 + 2 = 11

                bilangan genap ketiga    = a + 4 = 9 + 4 = 13

Pembelajaran Berbasis Projek

Biografi Guru   NAMA : Gunawir, S. Pd. NIP : - GURU MAPEL : IPSPembelajaran Berbasis ProjekPembelajaran berbasis projek adalah pendekatan kelas yang dinamis di mana peserta didik secara aktif mengeksplorasi masalah dan tantangan dunia nyata untuk memperoleh...

BAB 1 POLA BILANGAN

Biografi Guru   NAMA : MARNI, S.Pd NIP : - GURU MAPEL : MATEMATIKA KELAS : 8 BCDE      BAB 1 POLA BILANGANKegiatan 1.1 Menentukan Persamaan Dari Suatu Barisan Bilangan Barisan bilangan adalah susunan bilangan yang memiliki pola atau aturan...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

Biografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : BILMU PENGETAHUAN SOSIAL C. Konflik dan Integrasi dalam Kehidupan Sosial  Konflik dalam Kehidupan Sosial a. Pengertian konflik menurut ahli: Menurut Robert M.Z. Lawang, konflik adalah perjuangan untuk memperoleh...

BABII PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

Biografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : IPS 5. Peran dan Fungsi Keragaman Budaya Indonesia memiliki lebih dari 100 tarian daerah yang tersebar di seluruh Nusantara. Kekayaan tersebut menggambarkan keberagaman budaya Indonesia.  Tarian daerah sebagai...

BAB II. PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN KEBANGSAAN

Biografi Guru   NAMA : HALIJA NIP : - GURU MAPEL : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL  3. Perbedaan Suku Bangsa Bangsa Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa. Suku Jawa adalah kelompok suku terbesar di Indonesia dengan jumlah mencapai 41% dari...